Blog

10 Manfaat Buah Tomat Segar

tomatJika anda menyukai dan sering mengkonsumsi buah tomat, mungkin anda termasuk kedalam orang yang beruntung dengan mendapatkan kesehatan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak pernah atau jarang mengkonsumsi buah ini.

Ini dia info yang beredar dibanyak media tentang manfaat dari buah tomat yang ternyata tidak sekedar hanya menjadi buah pelengkap dalam sayur yang dimasak dalam menu makanan dimana sangat bermantaat bagi kesehatan tubuh, kecantikan kulit, rambut, dan wajah :

Penghancur lemak penyebab kegemukan
Untuk mengurangi jumlah lemak yang menumpuk pada tubuh, dibutuhkan kerja keras dari berbagai upaya seperti olahraga dan pengaturan pola makan.
Apabila Anda sudah banyak berolahraga namun berat tak kunjung menurun, coba bantu dengan konsumsi tomat secara rutin sebelum latihan. Tomat tidak mengandung lemak, namun tomat mengandung tinggi protein, karbohidrat, dan kalori. Ketiga nutrisi tersebut mempunyai peranan penting dalam masalah berat badan.

Membantu Pembentukan Otot
Laki-laki bertubuh kurus akan sulit mendapat perhatian wanita, itulah mengapa banyak dari mereka yang rela menghabiskan banyak biaya untuk membentuk tubuh agar terlihat lebih sempurna dan menarik. Jika anda termasuk orang sepeti itu, maka Anda wajib tahu bahwa selain melatih tubuh dengan mengangkat beban, ada hal lain yang wajib dilakukan, yaitu istirahat. Disaat tidur, otot yang sudah dirusak akan disusun kembali dengan bentuk yang lebih sempurna. Anda harus tahu juga bahwa kesempurnaan hasil bentuk dari otot ini juga dipengaruhi oleh beberapa jenis makanan.
Ada makanan penunjang pembentukan otot, dan salah satunya adalah buah tomat. Ini karena tomat sebagai sumber alami yang kaya protein, mudah didapat dengan cara pengolahan yang mudah juga.

Anti kanker
Berkat antioksidan yang terkandung di dalam buah tomat, penyakit serius seperti kanker payudara, usus besar, dan paru-paru dapat ditangani secara efektif oleh buah ini.
Pernyataan tersebut merupakan simpulan hasil studi yang dimuat di Journal of the National Cancer Institute bahwasanya terdapat hubungan antara konsumsi tomat dengan penurunan risiko kanker. Di mana dari 72 penelitian, terdapat 52 penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi tomat dengan jumlah tepat dan cukup dapat menurunkan risiko kanker pankreas, payudara, usus besar (pencernaan), juga leher rahim.

Anti radikal bebas
Para ahli medis atau spesialis kesehatan memberikan kepercayaan pada flavonoid dan zea-xanthin dalam menangkal radikal bebas. Kedua senyawa ini merupakan antioksidan yang banyak terdapat pada buah tomat.

Menjaga gigi dan tulang tetap kuat dan sehat
Tomat menjadi penyuplai kalsium yang digunakan untuk memelihara tulang agar tidak gampang keropos, juga menguatkan gigi dan menjaganya tetap sehat. Pada saat pembentukan tulang, kalsium sangat diperlukan agar mendapat hasil yang sempurna.

Mengontrol kolesterol penyebab hipertensi
Tubuh menyimpan dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Jumlah kolesterol baik atau HDL kolesterol harus lebih banyak dari jumlah kolesterol jahat, jika tidak maka terjadilah hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Cara mengobati tekanan darah tinggi bisa diawali dengan upaya yang mudah, seperti makan buah tomat secara rutin. Alasan memilih tomat sebagai makanan yang harus dikonsumsi adalah kandungan mineral yang tersimpan di dalam tomat membantu mengatur jumlah kolesterol yang beredar dalam darah.

Membantu menyehatkan mata
Penderita mata minus sering disarankan untuk konsumsi buah tomat agar minusnya tidak bertambah. Alasannya ;
Tomat sudah dikenal sebagai buah yang mampu menyehatkan mata karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin A, ditambah dengan sejumlah nutrisi lain seperti niacin, thiamine, dan asam folat.

Menstabilkan kerja jantung
Terdapat sekitar 235 mg kalium dalam sepotong tomat ukuran sedang. Kandungan tersebut berguna untuk mengontrol denyut jantung dalam memompa darah dan membuatnya tetap bekerja secara stabil. Manfaat tomat lain yang akan didapat adalah terjaga dari penyakit jantung dan stroke.

Kaya akan vitamin
Jika Anda malas minum suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian, Tomat akan memberikan Anda 20% kebutuhan gizi harian yang dibutuhkan, pada sepotong buahnya. Menurut USDA, semua nutrisi di dalam tomat diperlukan oleh organ tubuh agar berfungsi dengan baik.

Mengontrol gula darah
Gula dalam darah tidak boleh melebihi batas wajar agar tidak memperbesar risiko diabetes. Anda bisa membantu pengontrolan gula darah dengan rutin konsumsi buah tomat. Tomat menjadi sumber alami kromium yang dibutuhkan tubuh agar jumlah gula darah tetap dalam kondisi normal.

Mengobati nyeri punggung
Konsumsilah buah tomat secara teratur disambi melakukan pengobatan yang semestinya.
Tomat sangat membantu proses penyembuhan dengan mentransfer bioflavonoid dan karotenoid yang dikenal sebagai agen anti peradangan. Jika nyeri punggung yang Anda alami sifatnya kronis, biasanya proses pemulihan atau peredaan rasa sakit akan berlangsung cukup lama.

Scroll to top