Blog

Membuka Sosial Media ? tau dampaknya ?

membuka sosial mediaMembuka sosial media adalah salah satu fasilitas yang bisa kita manfaatkan dijaman sekarang ini, tak hanya bagi remaja, dewasa dan orang tua namun sampai saat ini anak-anak pun sudah mulai paham dan berinteraksi didalam Sosial Media.

Dampak positif dan negatif tentu saja akan muncul terutama jika kita tidak dapat mengontrol dan mengatur waktu dalam menggunakan Sosial Media, contoh yang paling sering dialami adalah kaburnya ruang privat dan batasan antara maya dan nyata, orang yang lebih banyak beraktifitas di sosial media cenderung mencitrakan dirinya menjadi pribadi yang lain, bukan pribadi yang apa adanya.

Menurut beberapa hasil survey ; berhenti membuka sosial media setiap saat akan memberikan dampak yang lebih positif pada diri kita, apa saja itu ?

Berhenti Membandingkan Diri Dengan Orang Lain
‘Krisis Pede’ adalah bahasa yang umum dikalangan muda mudi dimana sosial media terbukti berdampak mereduksi kepercayaan diri seseorang, karena tanpa disadari pengguna sosial media akan membandingkan diri dengan orang-orang di sosial media, kenyataannya yang kita lihat didalam sosial media lebih banyak digunakan sebagai pencitraan sehingga menampilkan hal-hal yang lebih baik dari adanya.

Badan Lebih Segar
Ketika anda berhenti membuka media sosial dan melakukan kegiatan lain yang lebih aktif, anda akan merasakan tubuh lebih nyaman dengan hilangnya rasa pegal di leher dan pundak karena menunduk untuk memperhatikan ponsel anda, jika anda sempat untuk meninggalkan media sosial walaupun sesaat, cobalah untuk melakukan aktifitas yang lebih positif untuk menjadikan tubuh anda lebih sehat misalnya berolah raga.

Data Pribadi Aman Terjaga
Jika anda salah satu yang sering melakukan aktifitas di dalam sosial media tentu anda pernah mendengar berbagai kejahatan yang bermula dari media sosial, salah satunya adalah penipuan-penipuan yang kerap terjadi dikarenakan adanya data pribadi yang dicuri untuk digunakan kejahatan, berhati-hatilah dalam menyebarkan hal yang sifatnya pribadi di sosial media.

Teman Sesungguhnya Akan Bertambah
Banyak orang memiliki akun di sosial media dengan ribuan teman, namun apakah orang ini memiliki teman sesungguhnya sebanyak itu ?! sesering apapun anda chatting dengan teman di sosial media, tidak sama kualitasnya dengan anda berbicara dan bertatap muka langsung dengan orang tersebut. Karena chatting di sosial media menjadi kebutuhan dan memiliki prioritas yang lebih tinggi maka orang-orang dikehidupan nyata akan merasa diacuhkan dan meninggalkan anda yang sibuk dengan aktifitas sosial media.

Meningkatnya Produktifitas
Berapa jam dalam satu hari anda menghabiskan waktu untuk membuka sosial media ?! coba pertimbangkan kembali bagaimana jika waktu yang anda pakai untuk membuka sosial media digunakan penuh untuk menyelesaikan pekerjaan anda, tentu pekerjaan anda akan selesai lebih cepat dan anda akan memiliki waktu luang yang bisa anda gunakan untuk aktifitas yang lebih baik dan positif setelah pekerjaan anda selesai.

Anda Akan Lebih Fokus
Yup, anda pasti pernah merasakan kehilangan fokus pada saat anda berkendara dan sibuk dengan membuka sosial media karena berbagai alasan, contoh sederhana penggunaan dan membuka sosial media pada saat anda berkendara sangat berbahaya karena anda tidak fokus dalam menentukan kendaraan anda berjalan. Fokus berkurang pada saat membuka sosial media hanyalah contoh kecil, anda pasti mempunyai contoh yang lebih besar yang mungkin dampaknya akan lebih berbahaya.

Secara umum tentu sah-sah saja untuk menggunakan sosial media, walaupun di beberapa perusahaan sudah mulai ditanamkan larangan penggunaan sosial media pada jam kerja, polisi lalu lintas pun sudah mulai mengkampanyekan larangan penggunaan ponsel saat berkendara.

Berbeda cerita jika anda sedang melakukan perjalanan bersama AMTrans Luxurious yang menyediakan fasilitas WIFI Internet didalam kendaraannya, anda dapat beraktifitas di sosial media untuk sedikit meringankan kejenuhan selama perjalanan tanpa membahayakan pengguna jalan lain tanpa menghabiskan quota internet anda.

Yang terpenting adalah kita tetap dapat menempatkan skala prioritas yang tepat dan wajar dalam menjalani kehidupan kita, yang merasa ‘kena’ setelah baca artikel ini cukup tersenyum aja ya 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top