Blog

Bluetooth Handsfree, Perlu kah ?

bluetoothJaman sekarang sebuah alat telekomunikasi tersedia dengan berbagai merek dan jenisnya, salah satunya sudah pasti HP / Handphone yang sudah umum dipergunakan mulai anak2 sampai manula, mulai dari jenis paling sederhana yang dapat digunakan untuk menelepon dan mengirimkan pesan singkat sampai dengan kelas smartphone (ponsel pintar) dengan fitur bluetooth dan berbagai kemampuan ‘ajaib’ dapat dengan mudah anda temukan di outlet penjualan ponsel.

Ponsel sekarang ini lebih banyak dipergunakan karena fasilitas extra nya ketimbang fungsi utama untuk menelepon atau menghubungi kawan, saudara atau kolega dengan menggunakan komunikasi berbasis suara, walaupun didalam sebuah smartphone terdapat berbagai fitur yang lebih memudahkan anda

berkomunikasi lebih mudah dan murah (mengirim pesan melalui jaringan internet, mengirim suara dll) penggunaan komunikasi berbasis suara tetap menjadikan hal utama yang secara umum lebih praktis dan jelas dalam berkomunikasi.

Sebuah produk selalu mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri, nah salah satu kelemahan penggunaan handphone pada saat anda pergunakan untuk menghubungi seseorang yaitu anda perlu memegang perangkat agar berada tepat ditelinga sehingga anda dapat mendengarkan lawan bicara dan suara anda-pun dapat terdengar jelas saat berbicara. Lalu bagaimana ketika anda sedang mengendarai motor atau mobil kemudian harus menerima panggilan telepon ini ? atau ketika anda sedang berolah raga ? Pemerintah sendiri telah melarang keras penggunaan handphone pada saat anda mengemudi karena dapat menyebabkan kecelakaan akibat konsentrasi pengemudi yang terbagi.

Lagi-lagi ini menjadi sebuah kebutuhan yang menjadikan bisnis di area smartphone semakin meriah karena munculnya kebutuhan tambahan akan suatu alat yang dapat mempermudah kita untuk tetap dapat melakukan komunikasi tanpa mengganggu tangan kita sehingga konsentrasi dapat lebih fokus kepada hal yang dianggap lebih penting sambil berbicara, pada saat anda membeli sebuah handphone biasanya sudah disertakan sebuah handsfree dengan kabel yang dapat digunakan saat anda butuhkan, sayangnya handsfree dengan kabel ini kadang lebih menyulitkan ketika kabel yang terhubung dengan handphone kita berbelit-belit yang akhirnya lebih menyulitkan lagi ketimbang menggunakan handphone tanpa handsfree.

Sebelumnya mohon maaf bahwa tulisan ini tidak didasari untuk melecehkan, menghina atau mempromosikan sebuah produk, tulisan ini hanya dimaksudkan sebagai sharing kepada pembaca.

Solusi yang ditawarkan produses ‘after market’ yang umum ditemukan adalah fasilitas handsfree dalam bentuk bluetooth headset, dongle, docking sampai dengan head unit dalam mobil. Yang menjadi pertanyaan sekarang ; apakah bluetooth handsfree itu bermanfaat untuk anda ? dan apakah alat tersebut dapat memberikan fasilitas yang anda butuhkan saat anda berkomunikasi ?

Saya sendiri memiliki beberapa jenis bluetooth headset yang dalam promosinya dapat memberikan kemudahan saat berkomunikasi dengan suara yang jernih diterima dikedua belah pihak yang berkomunikasi melalui handphone, lalu bagaimana hasilnya, apakah bermanfaat dan sesuai dengan yang diharapkan ?

Begini cerita singkatnya, profesi saya yang mengharuskan dapat menerima dan melakukan panggilan telepon kapan saja dan dimana saja, beberapa bulan yang lalu terbesitlah untuk membeli satu unit bluetooth handsfree agar saya dapat menjalankan pekerjaan saya secara maksimal, saya putuskan untuk membeli headset tersebut secara online dan saya cukup terkejut dengan saat ini banyak jenis dan merek yang tersedia dengan kualitas original, OEM, 99%, 95% dsb.. harganyapun mulai dari puluhan ribu rupiah sampai dengan jutaan rupiah bisa ditemukan secara online, pertama kali saya pilih sebuah headset dengan kualitas OEM dengan merek terkenal dan hasilnya….. suara lawan bicara dapat saya dengar dengan sangat baik, ketahanan batre pun dapat dikatakan sangat baik untuk sebuah bluetooth handsfree seharga 170rb namun sangat disayangkan suara saya tidak didengar dengan baik oleh lawan bicara, suaranya kecil, berkesan jauh dan ada yg menutupi. Tidak puas dengan yang satu itu saya bulatkan tekad untuk membeli sebuah handsfree berkualitas original dengan harga terjangkau dan terpilihlah sebuah bluetooth handsfree bermerek AWEI seharga 250rb, hasilnya saya puas dengan kualitas suara pada saat mendengarkan music dari file mp3 didalam handphone sayangnya lagi-lagi berkendala dengan suara saya yang terdengar kecil oleh lawan
bicara.

Satu hari saya bertemu dengan seorang teman yang menggunakan sebuah handsfree dengan julukan plantronics voyager, menurut beliau alasan lawan bicara tidak dapat mendengar dengan baik karena handsfree yang saya gunakan tidak memiliki fasilitas noise cancelation walaupun dalam kemasan disebutkan telah memiliki fasilitas tersebut, bisa jadi pada dasarnya memang memiliki fasilitasnya tapi dengan kualitas yang sangat rendah, dan ketika saya coba ternyata betul; lawan bicara dapat mendengar suara saya dengan baik dan jelas dalam kondisi disekitar yang bising sekalipun.

Produk tersebut dipatok dengan harga yang selangit, namun seperti kata pepatah ada harga ada rupa. Kesimpulannya adalah handsfree bluetooth sangat membantu pada saat kita sedang mengemudi atau berolahraga sehingga dapat tetap melalukan kegiatan sambil berbicara tanpa menghentikan kegiatan yang sedang kita kerjakan, tidak terlalu menjadi soal ketika anda melakukan atau menerima panggilan telepon dalam ruangan yang senyap semisal sedang berada di kendaraan caravan AMTrans Luxurious jenis Platinum Luxurious yang kedap suara dari luar ; suara anda akan terdengar jelas seperti layaknya berada didalam ruangan rumah tanpa kebisingan, namun jika kualitas suara menjadi prioritas utama baik dalam kondisi sekitar anda senyap maupun bising lebih baik memilih produk yang sudah jelas reputasinya, soal perlu atau tidaknya bluetooth handsfree kembali kepada anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top