Blog

Liburan, Makanan Nikmat, Dan Cara Menetralkan Kolesterol

membuka sosial media Liburan dan makanan yang lezat tentu menjadi hal yang tak dapat dipisahkan. Pada moment libur, kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga menjadi hal yang wajib. Apalagi bila ditambah dengan keberadaan makanan nikmat, tentu menikmati waktu berkualitas bersama keluarga akan menjadi makin lengkap. Makanan nikmat tentu sangat identik dengan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Terutama bagi kita yang menyukai masakan tradisional Indonesia yang khas dengan santan kental juga berbagai macam daging sebagai bahan utamanya. Setelah liburan usai, tentu menetralkan kolesterol dalam tubuh menjadi tugas yang wajib dilakukan.

Tanpa Harus Menghindari Makanan Nikmat

Tugas menetralkan kolesterol terkadang terasa berat bagi sebagian orang karena yang terlintas dipikirannya adalah menghindari makanan-makanan enak. Padahal, sebenarnya menjaga kolesterol tetap normal dalam tubuh bisa diterapkan tanpa harus menghindari makanan-makanan nikmat. Anda tetap bisa mengonsumsinya, namun dengan catatan masih tetap dalam batas wajar dan aman. Selama cara ini disiplin Anda terapkan, maka mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh tidak lagi menjadi hal yang menyiksa diri sendiri.

Segarnya Mentimun, Bahan Alami Dan Khasiatnya

Saat kadar kolesterol dalam tubuh sudah terlanjur tak terkontrol akibat makanan-makanan nikmat saat liburan, Anda bisa menetralkan kolesterol dengan bahan-bahan alami yang aman dan pasti berkhasiat ampuh. Salah satu yang dapat Anda manfaatkan adalah buah mentimun. Biasanya, buah ini dimanfaatkan sebagai lalapan dan juga pemanis tampilan makanan, namun ternyata ia mampu dengan baik menurunkan kolesterol dalam tubuh. Seperti yang sering kita lihat di Restoran Padang, mereka menyiapkan timun sebagai pendamping makanan pada menu yang tersedia. Hal ini dimaksudkan karena mengingat menu di restoran Padang kebanyakan adalah daging dan bersantan yang kaya akan kandungan kolesterol.

Tak hanya mentimun yang dapat membantu Anda menetralkan kolesterol, namun banyak bahan alami lain yang memiliki manfaat serupa seperti:

  • Makanan berserat ampuh mengimbangi dan menetralisir sistem pencernaan juga menyerap kolesterol dalam tubuh dan mengeluarkannya dari tubuh.
  • Tomat segar yang dikonsumsi sebelum ataupun sesudah mengonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi. Kandungan likopen yang ada di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan tinggi yang mencegah naiknya kadar kolesterol yang mampu memicu penyakit jantung dan stroke.
  • Biji-bijian dan kacang-kacangan. Konsumsi biji dan kacang tanpa menambahkannya gula seperti kedelai, lentil, dan sejenisnya mampu mengontrol kolesterol dengan baik karena kandungan seratnya yang tinggi dan sama sekali tidak memicu naiknya kolesterol.

Obat Kimia Efektif, Namun Tidak Sehat

Penggunaan obat-obatan kimia memang sangat efektif dalam menurunkan LDL dalam darah. Namun sayangnya, banyak dampak negatif yang justru mengancam kesehatan organ tubuh lainnya bila terus-menerus dikonsumsi. Karena faktor ini juga, kini tidak banyak orang yang mau menetralkan kolesterol yang mereka miliki dengan konsumsi obat kimia dan lebih memilih obat kolesterol alami. Kini masyarakat sudah banyak yang makin peduli dan sadar dengan bahaya ancaman pengobatan kimia yang dikonsumsi secara rutin.

Alternatif paling aman dan nyata khasiatnya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Meski demikian, tindakan preventif lebih baik mulai Anda terapkan untuk kesehatan badan Anda. selalu rutin berolahraga, hindari rokok dan minuman alkohol, serta menjadikan makanan sehat sebagai pola makan menjadi cara paling mutakhir untuk menjaga kesehatan tubuh terutama dalam menetralkan kolesterol jahat.

Sumber:

http://www.dream.co.id/culinary/imbangi-makanan-bersantan-dengan-serat-140722f.html, http://www.dream.co.id/fresh/netralisir-kolesterol-dengan-mentimun-netralisir-kolesterol-dengan-mentimun-140825a.html

Scroll to top